Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrim, Polresta Pangkalpinang Gelar Apel Bersama

Pangkalpinang Babelku.com – Polresta Pangkalpinang gelar apel gabungan TNI – POLRI dan instansi terkait dalam rangka kesiapan penanggulangan bencana alam dan patroli skala besar, antisipasi dampak cuaca ekstrim yang dapat memicu bencana hidrometeorologi pada awal tahun 2023 khususnya diwilayah hukum Pangkalpinang. Apel gelar pasukan dilaksanakan di halaman Mapolres Pangkalpinang. Senin (6/2/2023).

Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan tersebut dipimpin langsung Kapolresta Pangkalpinang KBP Gatot Yulianto, S.I.K M. HP, didampingi Dandim 0413/ Bangka Kolonel. Inf. Denny Noviandi, Asisten 1 Pemerintah Kota Pangkalpinang Ahmad Subekti, Kasat Pol PP yang diwakili Kabid Linmas Rosi Elfarida, BPBD yang diwakili Kasi Rl Mualim Juanda Pejabat Utama Polresta Pangkalpinang dan Personel Polres dan Polsek yang terlibat sprin.

Apel Gelar Pasukan yang dilaksanakan dilapangan Apel Polresta Pangkalpinang mengikutsertakan 1 Pleton TNI dari Kodim 0413/ Bangka, 1 Pleton Satuan Samapta Polresta Pangkalpinang, 1 Pleton Satuan Polair Polresta Pangkalpinang, 1 Pleton Staf Gabungan Polresta Pangkalpinang, 1 Pleton Satuan Lalu Lintas, 1 Pleton Resintel Polresta Pangkalpinang, 1 Pleton Pol PP Kota Pangkalpinang dan 1 Pleton BPBD Kota Pangkalpinang.

Dalam pelaksanaan Apel Gelar Pasukan tersebut, Kapolresta Pangkalpinang KBP Gatot Yulianto, membacakan amanat terkait kesiap – siagaan penanggulangan bencana khususnya di wilayah Kota Pangkalpinang. Pada amanatnya yang menjadi poin penting dalam situasi seperti saat ini ialah komunikasi dan kolaborasi antar instansi terkait serta peran besar masyarakat dalam mengantsipasi terjadinya bencana alam di wilayah Kota Pangkalpinang serta tanggap dalam penyelesaian masalah bencana.

Apel ini menjadi hal wajib untuk semua lintas sektor dalam menghadapi musim hujan sebagai langkah konsolidasi semua komponen pemerintah, dunia usaha dan masyarakat. Ini merupakan bentuk tanggung jawab kita bersama dalam memberikan rasa aman dalam upaya mengurangi risiko bencana pada masyarakat terutama masyarakat yang hidup di daerah rawan bencana, tegas Kapolresta.

Dalam kesempatan yang penuh semangat dan rasa kebersamaan ini, ada beberapa penekanan Kapolresta Pangkalpinang, untuk di pedomani dalam pelaksanaan tugas yaitu sebagai berikut:

Pertama, siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kedua, lakukan deteksi dini dengan memetakan segala potensi dan ancaman bencana yang berkembang sebagai langkah antisipasi sedini mungkin, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Ketiga, tingkatkan kepekaan, kewaspadaan, dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan tugas penanggulangan bencana dengan kegiatan pelatihan di masing-masing instansi.

Keempat, mantapkan kerjasama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan tugas.

“Para Kapolsek agar lakukan pendataan melalui bhabinkamtibmas kita, datakan daerah rawan bencana yang ada diwilayah masing-masing. Laporkan setiap perkembangannya agar dapat segera dilakukan langkah antisipasi.” Pungkas KBP Gatot.

Setelah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Selanjutnya para peserta apel yang didampingi Kapolresta Pangkalpinang, Dandim 0413/ Bangka, Asisten 1, Kasi Linmas Pol PP, BPBD melaksanakan patroli skala besar. Hal ini ditunjukkan agar masyarakat mengetahui kesiapsiagaan TNI-POLRI bersama Pemerintah Kota Pangkalpinang dalam mengantisipasi bencana alam.(*)

Sumber Siaran Pers Humas Polresta Pangkalpinang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!