Babinsa Parit Lalang Hadiri Pertemuan Kampung KB Kelurahan Parit Lalang

Babelku.com Parit Lalang – Sejumlah layanan bisa didapatkan masyarakat di Kampung KB.Beberapa diantaranya pembinaan keluarga balita (BKB), pembinaan keluarga remaja (BKR), hingga pembinaan keluarga lansia (BKL).

Seperti halnya yang dihadiri Anggota Koramil 413-10/ Bukit Intan,Sertu Indra Gunawan Babinsa Kelurahan Parit Lalang, Kamis 01/09/2022 mengikuti acara Pertemuan Kampung KB untuk Kader Kader BKB /Bina Keluarga Balita dan BKL/ Bina Jeluarga Lansia dengan  Kepengurusan Kader yang baru bertempat di Kantor Parit Lalang Kecamatan Rangkui Kota Pangkalpinang.

Pada kesempatan kali ini Sertu Indra Gunawan atas seizin Danramil 413-10/Bukit Intan Kapten Infantri Asep Yulianto Kurniawan,SH menjelaskan ;
Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) merupakan kegiatan khusus yang mengelola tentang pembinaan tumbuh kembang anak.

Dilakukan melalui pola asuh yang benar berdasarkan kelompok umur yang di lakukan oleh sejumlah kader.

BKB ini merupakan upaya peningkatan pengetahuan, keterampilan dan kesadaran ibu serta anggota keluarga lain dalam membina tumbuh kembang balitanya,” ucapnya Kamis (01/09/2022).

Kader BKB melakukan kegiatan imunisasi pada bayi serta mengukur berat dan tinggi bayi.

Secara umum BKB mengelola tentang pembinaan tumbuh kembang anak melalui pola asuh yang benar berdasarkan kelompok umur.

BKB ini merupakan upaya peningkatan pengetahuan, keterampilan dan kesadaran ibu serta anggota keluarga lain dalam membina tumbuh kembang balitanya,” jelasnya.

Dijalankan melalui rangsangan fisik, motorik, kecerdasan, sosial emosional serta moral yang berlangsung dalam proses interaksi antara ibu anggota keluarga lainnya dengan anak balita.
Selanjutnya, kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR), ialah wadah kegiatan yang beranggotakan keluarga yang mempunyai remaja.

Bertujuan memberi bekal pengetahuan dan keterampilan dalam pengasuhan dan pembinaan remaja.
“Sehingga dapat memahami remaja, permasalahan remaja, dan dapat melakukan komunikasi efektif dengan remaja,” paparnya.

Program BKKBN juga menyasar lansia, atau BKL.Program ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku keluarga lansia.Serta keterampilan keluarga lansia dan pra lansia untuk meningkatkan kualitas hidup dan kehidupan lansia dan pra lansia.

Kader memberikan penyuluhan kepada lansia atau keluarga yang memiliki serta bertugas untuk membantu dan memastikan kelancaran pelaksanaan posyandu lansia,” tutupnya

Turut hadir dalam kegiatan diantaranya Kabid KB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,Kepala Bidang KB, Kasi Pengerak KB,Seklur Parit Lalang,Kader Penyuluh KB dan RT / RW Sekelurahan Parit Lalang. ( Nero).

Editor : Redaksi Babelku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *