DAERAH  

Berhasil Panen Buah Semangka Dan Sayur Sayuran Hasil Tumpang Sari, Ketua Koperasi Aik Gani lestari Sebut Atas Dukungan PT SWP

Belitung Timur babelku.com– Kelompok Tani Koperasi Produsen Aik Gani lestari melakukan panen buah semangka dan sayuran sayuran dari hasil tumpang sari dengan tanaman pohon kelapa sawit, keberhasilan ini tak lepas dari dukungan PT Steelindo Wahana Perkasa (SWP).

Koperasi Aik Gani lestari merupakan koperasi yang memiliki 70 orang anggota yang berada di Desa Padang Kecamatan Manggar, seluruh anggota koperasi merupakan para petani kelapa sawit dengan luasan lahan mencapai 70 hektar.

banner 970x250

Ketua Koperasi Aik Gani lestari, Gunawan kepada media ini, Kamis (16/03/2023), mengatakan, penanaman kelapa sawit yang dilakukan oleh kelompok kelompok tani Koperasi Aik Gani lestari melakukan penanaman jenis buah semangka dan sayuran sayuran sebagai tanaman tumpang sari dengan pohon kelapa sawit milik mereka.

Gunawan menjelaskan, hari ini mereka melakukan panen beberapa jenis tanaman yang ditumpang sarikan dengan  tanaman kelapa sawit mereka, keberhasilan kelompok tani Koperasi Aik Gani lestari ini karena  mendapat dukungan penuh dan difasilitasi oleh  PT SWP.

“Alhamdulillah respon dari PT SWP sangat baik, dari awal penanaman kelapa sawit satu tahun yang lalu, kami telah melakukan penanaman tanaman tumpang sari ini yang di support (didukung) oleh PT SWP, pihak PT SWP mensupport pupuk dan bibit bibit tanaman yang ditumpang sarikan ini,” ungkapnya.

Ketua Koperasi Aik Gani lestari menuturkan, ada 8 hektar lahan kebun kelapa sawit yang telah ditanami dengan tanaman tumpang sari.

“Alhamdulillah sekarang kita sudah panen semangka, kacang panjang, jagung cabe dan sayur-sayuran lainnya,” kata Gunawan.

Ia mengungkapkan, dari lahan kebun kelapa sawit sebanyak 70 hektar milik kelompok tani Koperasi Aik Gani lestari ini, lahan yang produktif untuk tumpang sari itu ada sekitar 50 persen yang bisa digarap.

“Awal penanaman tumpang sari ini bersamaan dengan penanaman kelapa sawit satu tahun yang lalu berupa tanaman terong, kemudian disusul dengan penanaman cabe dan jenis tanaman sayuran lainnya,” bebernya.

Atas keberhasilan mereka dalam melakukan penanaman hingga panen dari tumpang sari ini, segenap anggota dan pengurus Koperasi Aik Gani lestari mengucapkan terimakasih kepada PT Steelindo Wahana Perkasa yang telah memfasilitasi mereka dalam mengusahakan penanaman kelapa sawit dan tanaman tumpang sari yang mereka tanam.

“Kami  selaku Ketua Koperasi Aik Gani Lestari mengucapkan ribuan terima kasih kepada PT SWP yang telah mensupport kami  dalam kegiatan tumpang sari ini,” ucapnya.(Nining)

banner 970x250 banner 970x250