Diguyur Hujan Dengan Intensitas Tinggi, Akses Jalan Penghubung Kecamatan Parittiga Digenangi Air 

Bangka Barat Babelku.com – Akibat hujan deras mengguyur sejak Rabu malam 18/1/2023 hingga Kamis siang 19/1/2023 akses jalan penghubung Desa Sekar Biru menuju Kecamatan Parittiga digenangi air.

Hujan yang turun dengan intensitas tinggi membuat air setinggi 40 cm menggenangi jalan penghubung antar Kecamatan,Kamis 19/01/2023.

Seperti terlihat sepanjang jalan Kimjung, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung dan beberapa titik yang terdampak banjir, diantaranya Pasar Parittiga, Jalan Puput Atas, Jalan penghubung Desa Tumbak Petar serta beberapa rumah warga di desa tersebut terendam air setinggi lutut orang dewasa dan akses jalan menuju Parit Tiga terhambat susah untuk dilewati kendaraan bermotor.

Sementara itu, Kepala Desa Sinar Manik, Sudirman saat dikonfirmasi terkait keluhan warga atas banjir yang melanda desanya mengatakan sudah ada sosialisasi ke pihak Kecamatan akan ada pengerukan bandar/siring di belakang rumah warga tahun depan dan untuk anggaran baru ada tahun 2023.

Kepada awak media Sudirman selaku Kepala Desa Sinar Manik menjelaskan bahwa banjir disebabkan meluapnya aliran Sungai dan sudah koordinasi dengan pihak Kecamatan untuk penanganannya.

“Untuk menanggulangi masalah ini, kami bersama pihak kecamatan rencana nya kedepan nya akan ada pengerukan aliran sungai,” kata Sudirman.

Menurut Sudirman hujan sehari semalam ini merendamkan pemukiman warga tepatnya di Jalan Kimjung dan membuat anak-anak yang bersekolah di SMPN 1 Jebus tidak dapat pergi kesekolah dengan baik.

“Secepatnya kami bersama pihak Kecamatan akan bersama-sama melakukan pengerukan di aliran sungai,” ucap Sudirman.

Sementara Weni (45) salah satu warga yang ingin melintasi jalan tersebut ia mengungkapkan dengan curahan hujan sehari semalam membuat jalan yang biasa dilintasi nya sehari-hari tidak bisa dilewati.

“Hari ini tidak bisa lewat bang, dikarnakan banjir, takut rusak motor bang gak berani lewat bang, semoga cepat terselesaikan banjir ini bang, biar kami bisa beraktivitas seperti biasa,” harap Weni saat diwawancarai dilokasi banjir. Kamis (19/01/2023).

Berdasarkan pantauan awak media yang melintasi di daerah tersebut hingga saat ini hujan dengan intensitas sedang masih mengguyur kawasan tersebut. Akses jalan menuju Parittiga tepatnya di Pom Bensin sulit untuk dilewati kendaraan baik roda dua maupun roda 4 dikarenakan derasnya arus air yang menggenangi kawasan tersebut.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!