Dilaksanakan Setiap Tahun Acara Adat Selamat Laut Merupakan Tradisi Adat Warga Tanjung Kelumpang Dan Dukong

Belitung timur babelku.com- Simpang Pesak Acara adat selamat laut di laksanakan setiap tahun, Selamat Laut ini merupakan tradisi adat masyarakat Warga Tanjung Kelumpang dan Dukong, untuk memberkati perahu nelayan secara tradisi melayu, atau bisa berarti permohonan keselamatan para nelayan dan rasa syukur atas hasil laut yang selama ini. Minggu (12/03/2023).

 

Dery sebagai perwakilan dari Karang Taruna menyampaikan kepada awak media.

 

“Pada prinsipnya kegiatan ini merupakan wujud rasa syukur dan doa masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa Allah SWT ” ungkapnya.

 

Dery mengungkapkan kearifan lokal Selamat Laut di dua desa ini digagas oleh Karang taruna Desa Tanjung Kelumpang bukan hanya bertujuan sebagai permohonan keselamatan nelayan dan bentuk rasa syukur warga namun juga di kembangkan ke arah ekonomi sebagai agenda Budaya dalam peningkatan Pariwisata di Kabupaten Belitung Timur pada khususnya dan Bangka Belitung pada umumnya.

 

“Harapan dalam kegiatan ini sendiri adalah agar tradisi budaya kita selalu di lestarikan agar generasi penerus tau kalau di kampung kita ada tradisi semacam ini” tegas Deri sebagai perwakilan dari karang taruna tersebut.

 

Acara selamatan laut ini di hadiri oleh Kepala Desa Tanjung Kelumpang dan Dukong beserta nelayan di dua desa dan tokoh adat ( dukun laut), tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan Babinkamtibmas Desa Tanjung Kelumpang dan Desa Dukong.

 

Selanjutnya,Dery sebagai perwakilan dari karang taruna Desa Tanjung Kelumpang mengucapkan.

 

“Terima kasih banyak kepada semua pihak yang sudah berpartisipasi terhadap jalannya acara selamat laut ini”.

 

Dia juga berpesan agar masyarakat mempertahankan tradisi ini supaya menjadi kearifan lokal dan tidak hilang tergerus oleh zaman. (*/Nining)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!