HNSI Belitung Bakal Gelar Raker

Belitung Babelku.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Belitung akan menggelar Rapat Kerja (Raker) dengan konsolidasi besar untuk membantu penyerapan aspirasi nelayan serta implementasinya.

Bahasan itu diutarakan Ketua DPC HNSI Belitung, H Muhtar Motong yang akrab disapa Aji Tarek, ketika menggelar rapat internal dengan Dewan Pengurus HNSI Belitung. Terlihat hadir juga penasehat HNSI A Rani Rasyid, Sekretaris Juni Marwanto, Ansur, Ani Saputra dan beberapa pengurus HNSI Belitung lainnya, Minggu (30/10/2022) malam.

Pada acara itu telah dibentuk juga panitia acara Raker HNSI Belitung yang akan digelar dalam waktu dekat ini di Tanjungpandan Kabupaten Belitung. Dan telah disepakati ketua panitia acara yang ditunjuk adalah Muhammad Hafrian Fajar biasa disapa Bang Jarwok.

“Rencananya pelaksanaan Raker segera kita gelar bisa akhir tahun ini atau awal tahun depan, dan sementara ini kami lagi menyusun strategi yang efektif dalam mengambil kangkah penguatan kolaborasi dengan pihak/institusi terkait,” ujar Jarwok.

Kemudian Aji Tarek menjelaskan telah meminta ketua panitia Raker HNSI Belitung untuk mengundang hingga ribuan perwakilan HNSI yang ada di lima Kecamatan di Kabupaten Belitung, sehingga dapat menyerap banyak aspirasi dari para nelayan.

“Konsolidasi besar dalam Raker HNSI Belitung nanti yang Insya Allah akan dihadiri hingga seribu peserta dari perwakilan HNSI di lima kecamatan di Belitung, sehingga menghasilkan banyak serapan aspirasi dari nelayan kita, untuk dapat di implementasikan dengan baik. Semoga menghasilkan dampak positif dan terbaik buat kesejahteraan nelayan kita kedepannya,” ungkap mantan Anggota Dewan itu.

Aji Tarek menambahkan mengenai rekomendasi-rekomendasi para nelayan yang akan dirangkum oleh dewan pengurus HNSI Belitung, kemudian akan disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten, Provinsi maupun Pemerintah pusat, untuk dapat disikapi secara bijaksana.

Implementasi Kebijakan Pemerintah,Selanjutnya salah satu Penasehat HNSI Belitung, Sofyan Pangkapi sangat mendukung pelaksanaa Raker ini untuk diselenggarakan, sebab masih banyak problematika nelayan Belitung pada khususnya, yang membutuhkan arahan, bimbingan serta pembinaan, baik oleh pemangku kepentingan dalam pemerintahan maupun pihak terkait lainnya.

“Masih banyak permasalahan nelayan kita yang perlu disikapi bijaksana dan diimplemenasikan dengan transparan dan akuntabel oleh pemangku kepentingan dalam pemerintahan mapun pihak terkait lainnya,” ujar wartawan senior Babel itu.

Respon keluhan nelayan disambung oleh salah satu Wakil Ketua HNSI Belitung, Jasman SE bahwa kegiatan Raker nanti bertujuan untuk menggali rekomendasi-rekomendasi dari nelayan serta implementasinya.

Namun sebelum pelaksanaan Raker itu, tim investigasi HNSI Belitung akan menggali informasi dilapangan terkait keluhan nelayan selama ini dan akan mendalaminya, sehingga akurasi dari beragam keluhan rekan-rekam nelayan akan lebih mudah untuk menindaklanjutinya.

“Dalam Raker nanti kita akan serap aspirasi dari rekan-rekan nelayan dan akan disandingkan dengan hasil dari tim investigasi kita, kemudian HNSI Belitung akan merangkum rekomendasi-rekomendasi tersebut untuk disampaikan ke pemerintah maupun pihak terkait untuk kepentingan dan kesejahteraan nelayan kita,” tutup penasehat LSM Lidik Babel itu. (*/Sahrus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *