DAERAH  

Ini,Kata Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tanjungpandan Terkait Sosialisasi Pada 19 Desember 2022 Nanti 

Belitung Babelku.com – Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tanjungpandan, Arif Usman mengundang para nelayan, pemilik kapal, nahkoda serta HNSI Belitung melalui acara “Yok Ngupi Besame”, melaksanakan audensi dan penandatanganan kesepakatan bersama, terkait penataan bongkar ikan di wilayah PPN Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Senin (12/12/2022).

Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Tanjungpandan Arif Usman mengatakan, kesepakatan mengenai penertiban atau merapikan kegiatan bongkar muat ikan di kolam pelabuhan Dermaga TPI Higienis PPN Tanjungpandan ini dilakukan bersama dengan para nelayan dan pihak terkait lainnya.

banner 970x250

“Alhamdulillah telah ditandatangi kesepakatan bersama dengan para nelayan dan pihak terkait lainnya termasuk HNSI Belitung, sehingga mulai minggu depan pada 19 Desember, kita mulai sosialisasikan bersama-sama kegiatan bongkar ikan di kolam pelabuhan, agar semakin rapi dan tertib. Mohon dukungan semua pihak” ucap Arif Usman.

Terlihat pada saat acara penandatanganan kesepakan bersama itu, salah satu pelaku usaha bernama Akiong yang pertama kali membubuhkan tanda tangan di atas peta konsep layout zonasi Dermaga PPN Tanjungpandan.

Kemudian tanda tangan berikutnya dilanjuti oleh para nelayan, pemilik kapal, nahkoda, perwakilan HNSI Belitung serta para pegawai PPN Tanjungpandan.

Selanjutnya disela sela acara, perwakilan dari HNSI Belitung, Jasman kepada awak media mengatakan, setelah disepakati bersama kegiatan bongkar ikan ini agar dapat diterapkan dan dijaga bersama juga.

Menurut Dia, suatu pelabuhan harus dijaga bersama baik kebersihannya maupun urusan bongkar muat  ikan maupun hal lainnya, tujuannya adalah guna memperlancar aktivitas bongkar muat di pelabuhan tersebut.

Ia juga menyebutkan, tambat labuh termasuk dalam salah satu aktivitas pokok suatu pelabuhan, untuk itu ketertiban mengenai tambat labuh merupakan hal yang harus diperhatikan dalam suatu pelabuhan.

“Semoga kegiatan sosialisasi pada 19 Desember 2022 nanti, mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, mengingat jumlah kapal penangkap ikan terus bertambah, sedangkan lokasi atau ruang untuk tambat labuh kapal saat ini belum mengalami perubahan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” jelas Wakil Ketua HNSI Belitung ini.

Jasman berharap, penerapan sosialisasi tata tertib bongkar ikan di kolam pelabuhan PPN Tanjungpandan yang akan dimulai pada Senin tanggal 19 Desember 2022, menjadi awal yang baik terhadap pengaturan dan penertiban kapal yang akan melakukan bongkar muat di Dermaga tersebut.

“Penertiban kapal nelayan untuk melakukan bongkar ikan ini menjadi awal yang baik, sehingga dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terutama gesekan antar nelayan ataupun pemilik kapal yang menginginkan kapalnya bongkar ikan secepat mungkin,” imbuh Jasman.(Sahrus)

banner 970x250 banner 970x250