Korem 045/Garuda Jaya Akan Reboisasi Lahan Kritis

Babelku.com Pangkalpinang – Dalam waktu dekat Korem 045/Garuda Jaya akan melaksanakan Reboisasi Lahan Kritis di Tiga lokasi yang ada di Pulau Bangka dalam rangka mendukung program Pemerintah Daerah Hijau Biru Babelku.

Selain penghijauan Korem 045/Garuda Jaya akan melaksanakan Penaburan benih ikan di tiga lokasi lahan kritis yang sama yaitu di lokasi Hutan Lindung Bedukang, Tahura Bukit Mangkol dan di Hutan Lindung Desa Belilik Kecamatan Namang Bangka Tengah.

Kesiapan Korem dalam Reboisasi ini dengan melaksanakan rapat koordinasi dengan unsur terkait secara tatap muka di Makorem Rabu 14/09/2022 yang di pimpin oleh Kasrem Kolonel Inf Parluhutan Marpaung.

Unsur terkait yang hadir secara tatap muka dalam Rakor tersebut antara lain pejabat dari BPDAS, BPKH, dari Dinas Kehutanan, Perwakilan pupuk Indonesia serta dari Faba secara Daring.

Kegiatan ini juga diikuti oleh para Dandim jajaran Korem 045/Gaya secara Daring dari satuan masing-masing.

Dalam kegiatan tersebut Kasrem menyampaikan bahwa reboisasi tersebut dilaksanakan dalam rangka membantu program Pemerintah Daerah dan bersinergi dengan seluruh instansi maupun elemen masyarakat melaksanakan penghijauan di Babel.

Kasrem menegaskan bahwa Hijau Biru Babelku sudah di rencanakan dengan melakukan rapat beberapa kali, kemudian sudah menginventarisir lahan kritis dan sangat kritis yang ada di wilayah jajaran Korem 045/Gaya.

Kasrem melanjutkan bahwa program penghijauan tersebut merupakan Pembinaan Teritorial (Binter) Unggulan yang akan di lakukan oleh seluruh jajaran disamping ketahanan pangan.

Kolonel Parluhutan menambahkan salah satu kegiatan Binter Unggulan ini kedepan, untuk satuan Koramil jajaran Korem 045/Garuda Jaya menargetkan pemanfaatan Satu Koramil Satu Kolong.

Sementara Kasiter Kasrem Letkol Kav Mujahidin dalam Rakor tersebut mengatakan Gerakan Penghijauan ini di sambut oleh Korem 045/Gaya sebagai hal yang harus ditindak lanjuti di level selain Pemerintah Daerah.

Kasiter melanjutkan bahwa Korem 045/Gaya bertekad melakukan Reboisasi Lahan kritis ini bersinergi dengan Pemda, tokoh masyarakat, organisasi kemasyarakatan dan dengan unsur lainnya.

Pentahapan Reboisasi mulai dari penyiapan bibit, pupuk, pematokan, penggalian lobang tanam hingga perawatan tanaman, tahapan selanjutnya tanaman berusia tiga tahun sampai bisa mandiri secara alami tanpa perawatan orang.

Secara teknis launching pencanangan Reboisasi Lahan Kritis tersebut dilaksanakan akhir 28 September 2022 di lokasi Hutan Lindung Bedukang dengan kegiatan yang dilaksanakan penanaman pohon dan penebaran benih ikan,”Ungkap Letkol Mujahidin.

Sumber : Penrem 045/Gaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!