Personil Koramil 413-10/Bukit Intan Dampingi Team Kesehatan Puskesmas Girimaya Gelar Pos UKK

Parit Lalang Babelku.com – Pos UKK (Upaya Kesehatan Kerja) merupakan bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang memberikan Pelayanan Kesehatan Dasar bagi masyarakat pekerja terutama pekerja informal serta merupakan wadah dari serangkaian upaya pemeliharaan kesehatan pekerja yang terencana, teratur, dan berkesinambungan yang diselenggarakan oleh dan untuk masyarakat pekerja.

Semakin meningkatnya jumlah pekerja yang sebagian besar dari mereka belum mendapatkan pelayanan kesehatan kerja yang memadai ditambah masih banyak tempat kerja yang belum melaksanakan kesehatan dan banyaknya pekerja yang mengalami penyakit akibat kerja serta kecelakaan kerja yang dapat menurunkan produktivitas kerja, maka dari itu perlu adanya Pos UKK ditengah masyarakat. Pos UKK dapat dibentuk di lokasi kelompok pekerja yang berjumlah minimal 10 pekerja dan maksimal 50 pekerja dan diutamakan dari jenis pekerjaan yang sama.

Pada kesempatan kali ini Personil Koramil 413-10/Bukit Intan,Sertu Indra Gunawan yang juga Babinsa Kelurahan Parit Lalang,Jum’at 23/09/2022 melaksanakan pendamping kepada Team Kesehatan Puskesmas Girimaya untuk memeriksa kesehatan para pedagang di Pasar Parit Lalang.

Disela-sela kegiatan pendampingan kepada Team Kesehatan Puskesmas Girimaya,Sertu Indra Gunawan menjelaskan ;

Pelaksanaan kegiatan kesehatan POS UKK / upaya kesehatan kerja bersama meliputi cek berat badan, cek lingkar perut,dan cek tekanan darah yang dilakukan setiap sebulan sekali terhadap para pedagang yang berada di Pasar Parit Lalang .”Tuturnya.

Lanjut Sertu Indra Gunawan memaparkan tujuan dari Pos UKK yaitu ;

Tujuan dibentuknya Pos UKK adalah untuk : Meningkatkan pengetahuan pekerja tentang kesehatan kerja,Meningkatkan kemauan dan kemampuan pekerja menolong diri sendiri dan Meningkatkan akses pelayanan kesehatan kerja pada pekerja.”Pungkasnya.(Monte).

Editor : Redaksi Babelku.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *