Pjs Pasi Logrem 045 Gaya Hadiri Rakor Gugus Tugas Reforma Agraria Babel

Pangkalpinang Babelku.com – Kapten Cba Bawan Hari Pjs Pasi Logrem 045/Gaya mewakili Danrem Brigjen TNI Ujang Darwis, MDA menghadiri rapat koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rabu 01/03/2023 bertempat di Balroom Soll Marina Jalan Raya Koba Kecamatan Pangkalanbaru Bangka Tengah.

Rapat koordinasi dengan motto strategi Percepatan Reforma Agraria yang g bersumber Pelepasan Kawasan Hutan, Pendayagunaan Tanah Terlantar dan Tanah Timbul yang di buka oleh Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin.

banner 970x250

Rakor juga di hadiri oleh Sekda Provinsi Kepulauan Babel Naziarto, Staf Ahli Gubernur Yulizar, Perwakilan Babel Andi Hendrajaya, Kepala BPN Babel Oloan Sitorus dan Kepala BPKP Babel.

Pj. Gubernur dalam sambutannya mengatakan Sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 29 Mei 2020 Presiden meminta kepadanya untuk memprioritaskan percepatan program strategis nasional yang berdampak langsung bagi pemerataan dan penguatan ekonomi rakyat.

Adapun programnya antara lain sertifikasi tanah untuk rakyat, legalisasi lahan transmigrasi, reforma agraria, perhutanan sosial serta peremajaan perkebunan Rakyat yang dipastikan program prioritas ini tetap berjalan tetapi memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Selain penataan aset tanah obyek reforma agraria kita juga perlu melanjutkannya dengan melakukan penataan akses reformnya bagi masyarakat yang menjadi subjek penerima tanah demi keberhasilan kegiatannya, dibutuhkan urutan pelaksanaan kegiatan yang dimulai dari penggalian potensi daerah, koordinasi antar kelompok tani atau kelompok lainnya sesuai dengan potensi masing-masing daerah, instansi terkait dan BPN, penyuluhan hingga pada tahap penandatangan perjanjian kerjasama.

Bentuk upaya pemberdayaan lainnya dapat melalui pendidikan dan pelatihan hingga akses permodalan melalui pihak ketiga, kesemuanya memerlukan dukungan organisasi perangkat daerah dalam rangka melakukan pemberdayaan dafrail dalam mendukung pelaksanaan reforma agraria khususnya di daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Terdapat beberapa rencana kegiatan yang menjadi fokus gugus tugas reforma agraria di tahun 2023 ini yaitu rencana redistribusi tanah yang berasal dari pelepasan kawasan hutan yang ditetapkan oleh menteri lingkungan hidup dan kehutanan, rencana redistribusi tanah yang berasal dari bekas tanah terlantar didayagunakan untuk kepentingan masyarakat dan negara melalui reforma agraria.

Selain itu inventarisasi data tanah timbul dalam rangka penentuan potensi sumber Tora Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.(*)

Sumber Siaran Pers Penrem 045/Gaya.

banner 970x250 banner 970x250