Polres Belitung Timur Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 

Belitung Timur Babelku.com – Polres Belitung Timur menggelar Upacara Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober bertempat di halaman Mapolres Belitung Timur,Jumat (28/10/2022 ).

Upacara ini dipimpin langsung oleh Kapolres Belitung Timur AKBP Taufik Noor Isya, SIK sebagai Inspektur Upacara dan diikuti oleh Wakapolres Kompol Agus Handoko, SH, Para Kabag, Kasat, para perwira, dan anggota Polres Belitung Timur.

Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022 tahun ini mengambil Tema “Bersatu Membangun Bangsa”. Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang.

Kapolres Belitung Timur AKBP Taufik Noor Isya, SIK dalam kesempatan itu membacakan Amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali.

“Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar,” ujarnya.

Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 lanjut Dia, memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan. Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan.

Selanjutnya Ia mengatakan, peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda sudah tercatat sebagai tinta emas sepanjang masa.

“Semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah,” imbuhnya.

Kemudian Ia menyebutkan, memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia. Hanya bangsa yang tangguh yang mampu menjaga eksistensi bangsa dan memenangkan persaingan dalam kancah global yang semakin keras.

“Akhirnya, marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke 94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa. Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan pada kita bersama untuk mampu membangun persatuan bangsa dan menggapai cita-cita kejayaan Indonesia,” tutupnya.(*/Nining)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *