Satpolairud Polres Bangka Barat Ingatkan Nelayan Waspadai Cuaca Buruk

Bangka Barat Babelku.com – Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Bangka Barat mengingatkan nelayan agar waspada terhadap cuaca buruk saat akan melaut.

Imbauan itu disampaikan, mengingat kondisi cuaca belakangan ini kerap berubah-ubah dan berpotensi membahayakan keselamatan ketika melaut.

“Cuaca saat ini sering berubah dan tidak bersahabat,” kata Kapolres Bangka Barat AKBP Catur Prasetiyo, SIK., Melalui Kasat Polairud Polres Bangka Barat IPTU Sugiyanto, SH., Kamis (02/03/2023).

Kasat Polairud mengatakan, jika cuaca sedang buruk sebelum berangkat melaut maka sebaiknya menahan diri hingga cuaca mulai membaik.

Tapi apabila cuaca melanda saat sedang berada di tengah laut, maka segera mencari titik lokasi yang aman untuk berteduh.

“Bisa bersandar di pulau-pulau sekitar. Jangan terlalu memaksakan diri. Utamakan keselamatan. Ada keluarga yang menunggu di rumah,” pesan Kasat Polairud.

Selain itu barang yang penting dibawa nelayan saat melaut adalah mengatakan, kelengkapan keselamatan seperti life jacket, GPS dan alat komunikasi.

“Kami minta nelayan untuk selalu menyiapkan perlengkapan keselamatan, dan selalu berkoordinasi serta mencari informasi mengenai cuaca,” ujar Kasat Polairud.

Kasat Polairud juga menyarankan, nelayan sebaiknya juga tidak melaut sendiri. Sesama nelayan juga harus saling memperhatikan satu sama lain saat di tengah laut.(*)

Sumber Siaran Pers Humas Polres Bangka Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!