DAERAH  

Peringati Hari Dharma Samudra,Lanal Babel Gelar Tabur Bunga dan Ziarah 

Pangkalpinang Babelku.com – Komandan Lanal Babel Kolonel Laut (P) Deni Indra M., S.Sos.,M. Tr. Hanla.,M.M. didampingi Ketua Cabang 4 Korcab lll DJA 1 Ny. Dian Deni Indra melaksanakan upacara tabur bunga dalam rangka memperingati hari Dharma Samudra tahun 2023, bertempat di geladak KRI Karotang-872 yang sandar di pelabuhan PT. Timah Pangkalbalam kota Pangkalpinang,Senin 16/01/2023.

banner 970x250

Sebelumnya Lanal Babel juga melaksakan ziarah secara hikmat di Taman makam Pahlawan Sungailiat Kabupaten Bangka guna mengenang jasa para pahlawan.

60 tahun yang lalu satu peristiwa di Laut Arafuru menjadi lukisan tinta emas dalam lembar sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Putra-putra bumi pertiwi gugur dalam keberanian yang tak terbayangkan dengan kapal yang jauh lebih kecil sama sekali tidak mengecilkan semangat patriotisme mereka untuk melawan Armada Belanda, dengan lantang komodor Yos Sudarso berseru ” Kobarkan semangat pertempuran” satu petik yang membakar semangat perlawanan prajurit RI macan tutul, mereka tahu peluang berhasil hampir mustahil tetapi mereka terus bertempur dan menolak untuk menyerah.

Hari Dharma Samudra pada hakikatnya merupakan wujud penghormatan kepada para pahlawan pejuang dan tokoh TNI angkatan Laut yang telah membaktikan jiwa raganya bahkan merelakan hidupnya demi kejayaan bangsa dan negara dalam berbagai peristiwa pertempuran laut yang terjadi untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia hingga kemerdekaan diproklamasikan.

Peristiwa itu adalah teladan sempurna dari sikap kesatria, semangat patriotisme jiwa korsa kerelaan berkorban dan perjuangan tanpa pamrih para pahlawan-pahlawan Samudra. Nilai-nilai kepahlawanan dan perjuangan itu harus terus diabadikan dalam setiap hati sanubari prajurit jalasena dan diwariskan kepada generasi penerus bangsa.(*)

Sumber Siaran Pers Pen Lanal Babel.

banner 970x250 banner 970x250